Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat Forum Dakwah Industri (FORDAI)

Geliat dakwah di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi dimulai pada tahun 90an seiring dengan tumbuhnya kawasan industri. Saat itu sudah ada perusahaan-perusahaan yang langsung dilengkapi dengan masjid dan kepengurusan DKM.

DKM-DKM perusahaan itu tumbuh dengan kegiatannya masing-masing. Ada yang hanya sebatas mengadakan sholat jumat dan sholat fardu berjamaah, namun ada juga yang sudah mengadakan kegiatan diluar itu seperti kajian rutin.

Sekitar tahun 2000, muncul FKRAP atau Forum Komunikasi Rohis Perusahaan. Forum ini menjadi jembatan antar rohis atau DKM perusahaan untuk saling bersinergi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan berupa kajian keislaman, Malam Bina Iman Taqwa, bedah buku, Peduli Dunia Islam hingga Rihlah atau wisata islami bagi pekerja.

FKRAP telah memunculkan dan melahirkan banyak sekali aktivis dakwah dari dunia industri. Penggeraknya adalah mereka yang bersentuhan dengan dakwah saat masih menjadi mahasiswa di kampus maupun alumni Rohis SLTA.

Pada fase berikutnya FKRAP meredup seiring dengan banyaknya aktivis dakwah dunia industri yang tak lagi aktif di perusahaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau mengundurkan diri karena memilih menjadi pengusaha.

Sekitar tahun 2014-2016 beberapa pengurus DKM di Kawasan Industri mulai kembali terlibat aktif dalam diskusi-diskusi kecil. Kerinduan masa-masa itu kembali muncul. Ingin ada lagi wadah untuk komunikasi atau bersinergi antar DKM perusahaan.

Pengurus DKM yang ingin menghidupkan kembali forum adalah mereka yang dahulu terlibat atau aktif di FKRAP dan sebagiannya lagi adalah darah-darah segar dakwah.

Dalam diskusi itu ada wacana atau opsi untuk menghidupkan kembali FKRAP, namun muncul juga wacana atau pilihan nama baru. Akhirnya mengerucut dan sepakat memakai nama FORDAI.

FORDAI: FORUM DAKWAH INDUSTRI

Pada bulan Ramadhan tahun 2015 dan 2016 beberapa individu aktivis dakwah perusahaan sudah ada yang ikut membantu kegiatan di Masjid Baitul Mushthafa MM21001 dan menjadi panitia. Namun saat itu belum muncul nama FORDAI.

Pada bulan Ramadhan tahun 2017, kembali ada yang menjadi panitia Itikaf Ramadhan di Masjid Baitul Mushthafa Kawasan MM2100. Waktu itu belum terbentuk kepengurusan FORDAI namun telah memakai nama FORDAI sebagai panitia penyelenggara. Yang menjadi ketua panitia adalah Idrian Oktafiandi dari DKM PT AHM dan sekretaris Angga Wijaya dari DKM PT Denso.

Pasca kegiatan itikaf selesai, panitia merencanakan silaturahim pada tanggal 2 November 2017 bertempat di Masjid Al Haqqul Mubin PT AHM Plant Cibitung.

2 November 2017, acara silaturahim itu terselenggara dari Pukul 17.00 sampai dengan 20.30 WIB. Agendanya adalah pembubaran panitia itikaf, penyampaian laporan pertanggungjawaban, diskusi dakwah industri dan pengukuhan nama FORDAI.

 

PENGURUS INTI

Dalam momentum ini juga tercapai kesepakatan menentukan pengurus inti FORDAI. Secara musyawarah mufakat terpilih:

  1. Ketua Umum: Agus Wahyu, ST (DKM Al Haqqul Mubiin PT AHM)
  2. Wakil Ketua Umum: Angga Wijaya (DKM Baabut Taubah PT Denso)
  3. Sekretaris: Zaenal Arifin (DKM Al Ukhuwah PT Koyorad)
  4. Bendahara: Ikin Sadikin (DKM Al Kautsar PT TACI)

DKM PENDIRI

Perwakilan DKM yang hadir antara lain:

  1. DKM Al Haqqul Mubiin PT AHM
  2. DKM Baabut Taubah PT Denso
  3. DKM Al Ukhuwah PT Koyorad
  4. DKM Al Barokah PT Suzuki
  5. DKM Al Manar PT LGEIn
  6. DKM Al Istiqomah PT Seiwa
  7. DKM Azzumarul Mukminin PT Sunstar
  8. DKM Al Kautsar PT TACI
  9. DKM Al Hijrah PT Sukanda Djaya
  10. DKM PT Astra Otopart
  11. DKM Miftahul Jannah PT Honda Lock Indonesia
  12. DKM Al Ikhlas PT ICI Paint
  13. DKM Annur PT YKK
  14. DKM At Taqwa PT Siam-Indo Gypsum Industry
  15. DKM Baitul Falah PT Keihin Indonesia

Total yang hadir adalah 29 orang. Selain yang mewakili DKM-DKM diatas, ada juga yang datang atas nama perorangan. Tanggal 2 November 2017 ditetapkan sebagai hari lahirnya FORDAI dan 15 DKM ini sebagai deklaratornya.